Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

Nama Nama Malaikat - Berikut ini adalah nama malaikat yang ada di Al-Quran maupun di Hadist Nabi dengan jumlah sepuluh malaikat yang harus kita ketahui nama dan jabatan atau tugasnya. Jumlah malaikat sebenarnya tidak terhitung jumlahnya.

Malaikat adalah ciptaan Allah yang ghaib, yang tidak mempunyai nafsu dan pikiran, tidak berbapak dan tidak beribu, juga tidak beranak. Malaikat hanya mengerjakan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka , dan memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah,  Malaikat diciptakan oleh Allah terbuat dari cahaya (nuur), berdasarkan salah satu hadist Muhammad, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”
Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

NAMA - NAMA MALAIKATTUGASNYA
1. Malaikat Jibril Menyampaikan wahyu dari Allah SWT.
2. Malaikat Mikail Memberi rizki / rejeki pada manusia.
3. Malaikat Isrofil Meniup sangkakala penanda hari kiamat telah tiba.
4. Malaikat Izroil Mencabut nyawa.
5. Malikat MunkarMenanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.
6. Malaikat NakirMenanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.
7. Malaikat Raqib / RokibMencatat segala amal baik manusia ketika hidup.
8. Malaikat Atid / AtitMencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup.
9. Malaikat MalikMenjaga pintu neraka.
10. Malaikat RidwanMenjaga pintu sorga / surga.

Rukun iman dalam Islam ada 6 perkara dan salah satunya iman kepada malaikat Allah SWT. Maksudnya ialah meyakini akan adanya malaikat-malaikat Allah, meskipun malaikat Allah adalah makhluk ghaib yang diciptakan daru nur atau cahaya dan tidak bisa dilihat oleh kasat mata, namun malaikat juga salah satu dari makhluk ciptaan Allah yang harus kita ketahui. Banyak malaikat-malaikat yang Allah ciptakan seperti malaikat malakal maut, namun yang wajib kita ketahui sebagai umat Islam ada 10 nama malaikat. Tidak ada yang mengetahui berapa jumlah pasti malaikat Allah. Demikianlah Pembahasan kali ini yang dapat admin sampaikan nama nama malaikat dan tugas-tugasnya. Semoga Bermanfaat,,,,,,!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Nama Malaikat dan Tugasnya"

Post a Comment